Tuesday, February 06, 2007

IP Forwarding AIX

Hmmmm....cerita menarik,lama nggak tahu gimana cara mengaktifkan ip forwarding di aix karena belum ada butuhnya. Suatu saat aku butuh menghubungkan machine AIX dengan PC biasa,langsung menggunakan cross cable. Di AIX ada 2 Ethernet Card, 1 Card dihubungkan ke network office, dan satunya dihubungkan langsung ke PC. IP Eth0 sesuai dengan network office,sedangkan IP Eth1 tidak sama. Nah disini mulai saya bingung, bagaimana cara saya bisa mengakses computer PC itu karena tidak langsung terkoneksi ke network office. Saya sudah routing ke PC itu baik dari computer saya maupun dari computer PC itu tetap saja tidak bisa di ping. Alih - alih Ingat cara linux menggunakan ip forwarding. alamak nggak tahu cara ip forwarding di aix. Setelah cari sana sini tanya sana sini di paman google akhirnya ketemu di

http://attrition.org/security/advisory/sni/SNI-06.TCP_SPOOFING.advisory

yesss...perintahnya cukup mudah ternyata /usr/sbin/no -o ipforwarding=1

alhamdulillah, saya bisa remote ke PC itu melalui PC saya, terima kasih Tuhan, Engkau telah menunjuki diriku ini yang lemah Engkaulah yang Maha Ilmu dan Maha Kuasa.

No comments: