Thursday, July 06, 2006

Susahnya sekolah di Indonesia

Bulan ini,saya dengan istri direpotkan dengan pendaftaran sekolah anak pertama saya. Wah betapa susahnya masuk sekolah SD di indonesia. Bayangkan SD...SD..DE...
Umur anak saya masih 6 tahun kurang 1 bulan. Semua sekolah negeri menolak menerima anak saya dengan alasan kurang umur.
Saya jadi bingung. Koq begini kualitas didikan sekolah ???? Bagaimana dengan anak-anak pintar yang lain ???? yang katanya umur 11 tahun sudah SMA. Lah itu masuk SD umur berapa?????
Saya jadi bingung. mengapa umur menjadi patokan ????
Padahal setelah mengikuti test,anak saya bisa menjawab semua soal yang disediakan (thx a lot for my wife yang mendidik anak). Guru-guru pada heran semua,anak-anak lain ditest membaca seperti anak TK yang belajar baca (suara memanjang).Tapi anak saya baca seperti orang biasa, lah wong biasa saya ajak baca text film action di tv..heheheheh....
Hitung - hitungan dah lancar, tambah ,kurang sudah lancar, tinggal meningkatkan ke bilangan yang lebih tinggi.

Nah akhirnya uang berbicara. Dengan terpaksa. Tapi tetap saja saya tidak mau mengeluarkan uang terlalu banyak. Harus proposional. Saya sudah sekolah masuk SD nggak pake macam2 (tapi saya nggak tahu loh ya klo bokap ama nyokap 'usaha' sendiri..heheh).

Saya pingin didik anak saya mulai kecil agar menghargai jerih payah. Saya ingin anak saya bertanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. Memang kalau saya agak longgar terhadap anak saya tapi kalau mywife benar-benar restrict terhadap anak, maklum orang bugis brooo...heheheh

Alhamdulillah,kabar terakhir,anak saya diterima di sekolah yang dia inginkan, dengan catatan membayar gurunya sebanyak 4 orang sebesar 100.000,- (semua 400.000) ditambah membayar mantan kepala sekolah TK yang mengusahakan agar bisa masuk 100.000 jadi total 500.000,-

Ya Allah,Gusti, sudah benar-benar rusak mental orang indonesia. Saya iidak bisa membayangkan orang tua yang lain harus bayar berapa kalau masuk sekolah favorit.

Memang sudah terlalu complicate pendidikan indonesia ini...complitace rusak. Makanya tidak heran jika orang tidak lulus malah demo, aneh orang nggak lulus koq maksa lulus. ya sudah nggak bejo,meski pinter tapi nggak lulus,dasar apes tuh.

Ya sudah, terima aja nasib pendidikan indonesia kaya' gini,semoga anakku bisa bener2 pinter dan dapet beasiswa ke luar negeri aja. Tapi meski sekolah di luar negeri harus tetap berbudaya jawa. Bcos i lllluuuuuuvvvvvv java...



No comments: